Buat Rumah Makin Canggih, Berikut Adalah 4 Smart Home System Terbaik

Mulai dari memvakum rumah, mengatur suhu, hingga memasak air; smart home system sudah mengotomasi berbagai aspek kehidupan manusia. Bisa dibilang, smart home system mampu melampaui ekspektasi manusia akan bagaimana sebuah “sistem” bekerja. Sebelumnya, kita sudah membahas mengenai cara kerja smart home system yaitu melalui teknologi seperti sensor, command-and-control management, dan actuator. Kali ini, kita akan membahas berbagai smart home system terbaik yang meliputi produk dari Amazon, Google, hingga Samsung.
 

Foto: Homify.in

Smart home system vs. Smart device, apa bedanya?

Sebelum terjun ke berbagai macam contoh smart home system, kita perlu memahami bahwa smart home system dan smart device adalah dua hal yang berbeda.

Sederhananya, smart home system adalah sistem menyeluruh yang mengontrol produk-produk Anda. Di sisi lain, smart device adalah produk individu yang bekerja melakukan perintah sistem, serta melaporkan perintah kembali pada smart home system.

Sekarang, mari kita bahas mengenai 4 smart home system terbaik untuk rumah Anda:

 

Foto: pathofex.com

  1. Amazon Alexa

Amazon Alexa adalah salah satu smart home system yang paling integratif. David Limp selaku Senior Vice President dari Amazon mengklaim bahwa Alexa sudah terkoneksi dengan lebih dari 100 juta device termasuk device yang dikeluarkan oleh Samsung, Phillips, dan Google. Dengan Alexa, Anda dapat menyalakan lampu rumah, memutar lagu, atau mengunci pintu.

Alexa dapat menjadi pilihan utama Anda saat memilih smart home system karena kemampuannya dalam berkomunikasi dengan berbagai device yang berbeda.

 

Foto: Control4.com

  1. Google Assistant

Mirip seperti Alexa, Assistant juga tidak kalah integratif dan dapat bekerja dengan berbagai device dari merek yang berbeda seperti Phillips, Belkin, dan August. Assistant juga dapat memerintah aplikasi seperti Spotify dan Uber.

Tetapi, kemenangan Google Assistant ada pada kepekaan sistem dalam menangkap perintah manusia. Sebagai contoh, saat Anda tidak menyukai suatu lagu di Spotify, Google Assistant akan otomatis memutar lagu lain. Sedangkan, Alexa tidak bisa melakukan hal tersebut. Dalam kata lain, Google Assistant bersifat lebih ‘natural’ dalam memahami perintah.

 

Foto: Samsung.com

  1. Samsung SmartThings

SmartThings Hub dari Samsung adalah produk yang tidak kalah canggih. Dengan pengembangan perangkat yang cepat seperti Wi-Fi plug dan bola lampu, SmartThings memberikan Anda akses penuh pada perangkat smart home Anda. SmartThings dapat di set-up melalui aplikasi yang tersedia di iOS dan Android.

Melalui aplikasi SmartThings, Anda dapat melakukan automation yang membebaskan Anda untuk memerintah perangkat saat melakukan aksi tertentu. Contoh, saat Anda sedang keluar rumah, lampu rumah Anda (yang terhubung dengan SmartThings) secara otomatis akan mati sendiri. SmartThings juga memberikan Anda pilihan lain, yaitu melakukan command melalui wall hub mereka. 

Saat ini, SmartThings juga dapat diintegrasikan dengan Amazon Alexa dan Google Assistant.

 

Foto: Cnet.com

  1. WinkHub

Wink Hub adalah salah satu smart home system yang juga dapat berkomunikasi dengan berbagai device yang berbeda merek. Wink Hub memberikan kita kebebasan untuk melakukan control and command pada produk smart device kita, dari genggaman tangan saja

Dengan mengunduh aplikasi Wink pada smartphone, Anda sudah dapat menghubungkan berbagai perangkat yang ada di rumah Anda seperti kunci, lampu, hingga perangkat dapur.

Selain memberikan kemudahan, teknologi smart home yang sudah disebutkan juga menawarkan keamanan. Melihat banyaknya tugas sehari-hari yang dapat dikerjakan oleh smart home system, tentunya banyak keuntungan lain yang dapat diberikan yang mungkin luput dari pandangan kita.

 


2021-05-26 by Intive Studio Admin

More great articles

Icon Icon Konsultasikan dengan kami Konsultasikan dengan kami